Tips Dakwah Via Facebook

Facebook sebagai media dakwah. Facebook saat ini menjadi fenomena sendiri, dalam dunia maya Indonesia. Situs jejaring sosial ini merupakan situs dengan anggota paling banyak di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sehingga potensinya pun sangat besar sebagai media informasi pun sebagai media informasi untuk dakwah. Meninggikan kalimat-kalimat Allah di dunia maya.
http://s.tt/1m6pn


Berikut beberapa tips, agar akun facebook anda menjadi akun yang efektif menyebarkan nilai-nilai islam :




Yang Harus Dilakukan:

1. Notes yang bermanfaat
betapa banyak yang bisa dilakukan dengan fitur ini. Dengan fitur ini anda bisa men-tag objek dakwah anda, dan menyampaikan pesan keislaman. Seringkali informasi-informasi sederhana yang anda paparkan, ternyata merupakan jalan hidayah bagi orang-orang yang bersangkutan. Kita tidak akan pernah tahu, dengan “pesan” seperti apakah Allah membuka hati hambaNya. Seperti umar yang tersadarkan dari kejahiliyahannya hanya dengan 5 ayat surat thaha.

2. status yang mengajak kepada kebaikan
sama seperti notes. Namun karena status bisa diupdate setiap waktu, ia lebih fleksible dalam menyampaikan nilai-nilai islam. Ayo jadikan statusmu bermanfaat untuk orang lain

3. Penyebaran informasi tentang islam
hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur link. Fitur ini bisa digunakan untuk mengkampanyekan info-info seputar dunia islam. Atau bisa juga dengan membentuk groups dengan tema-tema dakwah islam. Seperti groups pencinta quran, pejuang dakwah dan lain-lain. Selain itu, media quiz juga sangat efektif untuk menyebarkan informasi tentang islam. Misalnya quiz-quiz seperti “kalau kamu jadi sabahat nabi, kamu akan jadi siapa??”, “sudahkah kamu menjadi sahabat al-quran?”.

4. Upload file-file tentang dakwah
Bisa berupa, e-book yang bermanfaat untuk dakwah, rekaman ceramah-ceramah udztad serta tilawah-tilawah al-quran para syaikh. Insya Allah, sangat bermanfaat bagi teman-teman lain yang membutuhkan.

5. Jaga izzah, iffah, dan privacy diri
Saat ini banyak sekali batas-batas yang dilanggar akibat media-media jejaring sosial seperti facebook ini. Mungkin saja, dalam kehidupan nyata, ia sangat menjaga pandangan terhadap lawan jenis, namun dalam dunia maya??
Adalagi kasus para muslimah yang sudah berhijab, masa lalunya yang kelam dibuka kembali. Banyak sekali foto-foto dirinya yang belum berhijab akhirnya terbuka di dunia maya. Astagfirullahaladzim. Ayo kita jaga izzah kita. Pelihara iffah kita. Dan janganlah kita membuka aib diri dan saudara yang sudah disembunyikan oleh Allah.

YANG JANGAN DILAKUKAN

1. upload foto-foto pribadi yang bisa menimbulkan fitnah.
Ya, betapa mudahnya manusia ini tergelincir dalam kesalahan dan kealpaan. Pun begitu sulitnya menjaga pandangan ini dari hal yang diharamkan Allah. Karena itu untuk para muslimah, jangan memasang foto pribadi di facebook. Pun bagi para muslim. Mari kita bantu saudara-saudara kita untuk menjaga kehormatan mata dan bagian tubuhnya yang lain.

2. Status yang tidak bermanfaat
betapa banyak orang yang mengupdate status facebooknya hanya dengan kata-kata seperti “mau cari bakso”, “zzzzz”, “mau cari teman baru”, sampai yang seperti “sendirian di malam minggu yang dingin, ada yang mau nemenin ga?”. Status yang disebutkan terakhir, tentu saja sangat berbahaya. Apalagi bila yang menuliskannya seorang muslimah. Segera saja, status itu dibanjiri oleh komentar-komentar yang tidak penting, bahkan “jorok”. Wahai para muslim, dan muslimah, apakah izzah kita sebagai muslim tidak ada lagi?
Status-status yang sekedar curhat pun bisa menjadi kesia-siaan. Status seperti “lagi capek”, “sediiiiih”, apalah gunanya kita menulis status seperti itu. Jika pada facebook kita menumpahkan keluh kesah, lalu Allah diletakkan dimana? mengapa kita lebih sering ingin didengar manusia, tanpa pernah mencoba mendekat kepada Allah? Begitu juga dengan status seperti “lagi senang”, “hari ini bahagiaaaa sekali, si dia ternyata…”. Jikalah pada facebook kita menumpahkan kegembiraan kita, sudahkah sebelumnya kita mengucapkan Alhamdulllah, atas rahmatNya yang membuat kita gembira?

3. Terlalu lama di depan Facebook
Tidak bisa dipungkiri, situs jejaring sosial ini punya magnet tersendiri yang membuat kita betah berlama-lama di depan komputer. Tetapi tahukah kawan, sesuatu yang berlebih-lebihan tidak akan pernah baik!? Seorang ulama pernah mengatakan bahwa umat ini akan tenggelam dalam lautan dosa, ketika mereka sudah berlebih-lebihan dalam melakukan hal yang mubah. Tidak ada salahnya menggunakan media facebook untuk menjalin silaturahim dan dakwah, namun masih banyak hal produktif yang dinantikan umat ini. Umat ini menanti amal terbaik, putra-putrinya.

Semoga tips-tips dakwah via facebook ini bermanfaat, selamat berjihad dan berdakwah dengan sarana yang telah Allah sediakan, termasuk si Kajian Islam ini.
Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

30 Juli 2013 pukul 19.29

Nah.. ini baru namanya anak muda gaul.. berbagi kebaikan via sosial media

Posting Komentar

tunjukkan komentar anda di sini

freesubmission

 
Support : Allah SWT | Rosulullah SAW | Google
Copyright © 2011. Kajian Islam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger